Sedangkan
Batavia merupakan nama Latin untuk Tanah Batavia, yang pada zaman Romawi,
diperkirakan terletak di sekitar kota Nijmegen, Belanda, dimana saat ini
sisa-sisa lokasi tersebut dikenal sebagai “Betuwe”. Selama Renaisans,
sejarawan Belanda mencoba untuk melegitimasi Batavia menjadi sebuah status
"Nenek Moyang" mereka, selanjutnya menyebut diri sebagai Orang-orang
Batavia.
Hal ini yang membuat munculnya Republik Batavia, dan mengambil nama
"Batavia" untuk nama koloni mereka. Seperti yang terjadi di
Indonesia, dimana mereka mengganti nama Kota Jayakarta menjadi Batavia dari
tahun 1619-1942.
Setelah 1942 nama Batavia diubah lagi menjadi Djakarta. Nama Batavia juga digunakan di Suriname, dan di Amerika Serikat, karena mereka juga mendirikan kota Batavia, Newyork, hingga ke barat Amerika Serikat, seperti; Batavia, Illinois, dekat Chicago, dan Batavia, Ohio.
Sedangkan penggunaan kata Betawi sebagai sebuah suku, pada masa hindia belanda, diawali dengan pendirian sebuah organisasi yang bernama “Perkoempoelan Kaoem Betawi” pada tahun 1923, yang diprakarsai oleh Husni Thamrin.
Setelah 1942 nama Batavia diubah lagi menjadi Djakarta. Nama Batavia juga digunakan di Suriname, dan di Amerika Serikat, karena mereka juga mendirikan kota Batavia, Newyork, hingga ke barat Amerika Serikat, seperti; Batavia, Illinois, dekat Chicago, dan Batavia, Ohio.
Sedangkan penggunaan kata Betawi sebagai sebuah suku, pada masa hindia belanda, diawali dengan pendirian sebuah organisasi yang bernama “Perkoempoelan Kaoem Betawi” pada tahun 1923, yang diprakarsai oleh Husni Thamrin.
Sejarawan
Sagiman MD, menyatakatan bahwa eksistensi suku Betawi telah ada, sejak Zaman
Batu Baru (Neoliticum), dimana penduduk asli Betawi berasal dari Nusa Jawa;
orang Jawa, Sunda, dan Madura.
Pendapat senada datang dari Uka Tjandarasasmita yang mengeluarkan monografinya "Jakarta Raya dan Sekitarnya Dari Zaman Prasejarah Hingga Kerajaan Pajajaran (1977),” mengungkapkan bahwa, Penduduk Asli Jakarta telah ada pada sekitar tahun 3.500 – 3.000 SM (Sebelum Masehi).
Pendapat senada datang dari Uka Tjandarasasmita yang mengeluarkan monografinya "Jakarta Raya dan Sekitarnya Dari Zaman Prasejarah Hingga Kerajaan Pajajaran (1977),” mengungkapkan bahwa, Penduduk Asli Jakarta telah ada pada sekitar tahun 3.500 – 3.000 SM (Sebelum Masehi).
Menurut
Sejarawan Sagiman MD, sejarah Betawi sudah ada sejak Zaman Batu (Neolitikum). Sedangkan
Menurut Yahya Andi Saputra, penduduk asli Betawi adalah penduduk Nusa Jawa,
yang merupakan Satu Kesatuan Budaya. Bahasa, Kesenian, dan Adat Kepercayaan,
tetapi kemudian menjadikan mereka sebagai suku sendiri. Yang kemungkinan
disebabkan oleh, antara lain:
Pertama, munculnya Kerajaan-kerajaan.
Kedua, Kedatangan bangsa dan Pengaruh bangsa dari luar
Nusa Jawa.
Ketiga, adanya Perkembangan Kemajuan Ekonomi dari
masing-masing daerah.
Abad ke-2
Menurtut Yahya Andi Saputra, Jakarta dan sekitarnya termasuk wilayah kekuasaan Salakanagara yang terletak di kaki Gunung Salak, Bogor.
Abad ke 5
Penduduk asli Betawi adalah rakyat kerajaan Salakanagara, dimana perdagangan dengan Cina telah maju, yang ditandai oleh adanya pengiriman Utusan Dagang ke Cina dari Salakanagara pada tahun 432.
Pada akhir abad ke-5 berdiri kerajaan Hindu Tarumanagara di tepi kali Citarum, yang dianggap oleh sebagian sejarawan, bahwa Tarumanagara merupakan kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara, yang memindahan ibukota kerajaannya dari kaki Gunung Salak ke Tepi Kali Citarum.
Menurtut Yahya Andi Saputra, Jakarta dan sekitarnya termasuk wilayah kekuasaan Salakanagara yang terletak di kaki Gunung Salak, Bogor.
Abad ke 5
Penduduk asli Betawi adalah rakyat kerajaan Salakanagara, dimana perdagangan dengan Cina telah maju, yang ditandai oleh adanya pengiriman Utusan Dagang ke Cina dari Salakanagara pada tahun 432.
Pada akhir abad ke-5 berdiri kerajaan Hindu Tarumanagara di tepi kali Citarum, yang dianggap oleh sebagian sejarawan, bahwa Tarumanagara merupakan kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara, yang memindahan ibukota kerajaannya dari kaki Gunung Salak ke Tepi Kali Citarum.
Penduduk
asli Betawi menjadi rakyat kerajaan Tarumanagara, dengan Ibukota Kerajaan yang
terletak di tepi Sungai Candrabagha, yang oleh Poerbatjaraka diidentifikasi
dengan sungai Bekasi.
Candra berarti bulan atau sasi, menjadi Bhagasasi / Bekasi, yang terletak di sebelah timur pinggiran Jakarta. Di sinilah, menurut perkiraan Poerbatjaraka, letak istana kerajaan Tarumanengara (Hindu).
Candra berarti bulan atau sasi, menjadi Bhagasasi / Bekasi, yang terletak di sebelah timur pinggiran Jakarta. Di sinilah, menurut perkiraan Poerbatjaraka, letak istana kerajaan Tarumanengara (Hindu).
Abad ke-7
Pada abad ke-7 Kerajaan Tarumanagara ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya (Budha).
Pada saat inilah berdatangan penduduk Melayu dari Sumatera, kemudian mereka mendirikan pemukiman di pesisir Jakarta, yang kemudian lambat laun (dengan pola asimilasi) bahasa Melayu menggantikan kedudukan bahasa Kawi sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.
Pada abad ke-7 Kerajaan Tarumanagara ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya (Budha).
Pada saat inilah berdatangan penduduk Melayu dari Sumatera, kemudian mereka mendirikan pemukiman di pesisir Jakarta, yang kemudian lambat laun (dengan pola asimilasi) bahasa Melayu menggantikan kedudukan bahasa Kawi sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.
Bahasa
Melayu mula-mula hanya dipakai di daerah pesisir saja, namun kemudian meluas
hingga ke daerah kaki Gunung Salak dan Gunung Gede. Bagi
masyarakat Betawi keluarga punya arti penting. Kehidupan berkeluarga dipandang
suci. Anggota keluarga wajib menjunjung tinggi martabat keluarga.
Abad
ke-10
Sekitar abad ke-10, terjadi persaingan antara orang Melayu (Kerajaan Sriwijaya) dengan Wong Jawa yang tak lain adalah Kerajaan Kediri.
Sekitar abad ke-10, terjadi persaingan antara orang Melayu (Kerajaan Sriwijaya) dengan Wong Jawa yang tak lain adalah Kerajaan Kediri.
Abad ke-16
Perjanjian antara Surawisesa (Raja Kerajaan Pajajaran) dengan bangsa Portugis pada tahun 1512, mengizinkan Portugis untuk membangun suatu komunitas di Sunda Kalapa, yang mengakibatkan perkawinan campuran antara penduduk lokal dengan bangsa Portugis, yang pada akhirnya menurunkan darah campuran Portugis. Dari komunitas campuran inilah lahir musik Keroncong, atau dikenal sebagai Keroncong Tugu.
Setelah
VOC menjadikan Batavia sebagai pusat kegiatan niaganya, VOC memerlukan banyak
tenaga kerja untuk membuka lahan pertanian, dan membangun roda perekonomian
kota ini. Saat
itulah VOC banyak membeli budak dari penguasa Bali, karena saat itu di Bali
masih berlangsung praktik perbudakan.
Olehkarenanya
masih ada tersisa kosa-kata dan tata-bahasa Bali dalam bahasa Betawi saat ini.
Kemajuan perdagangan Batavia menarik berbagai suku bangsa dari penjuru Dunia,
juga seperti; Tiongkok, Arab dan India untuk bekerja di kota ini.
Pengaruh
suku bangsa asing yang datang inilah, terlihat dari busana pengantin Betawi
yang banyak unsur Arab dan Tiongkok. Berbagai nama tempat di Jakarta menyisakan petunjuk sejarah mengenai datangnya
berbagai suku bangsa lain ke Batavia, seperti; Kampung Melayu, Kampung Bali,
Kampung Ambon, Kampung Jawa, Kampung Makassar dan Kampung Bugis.
Rumah
Bugis di bagian utara Jl. Mangga Dua di daerah kampung Bugis yang dimulai pada
tahun 1690. Pada awal abad ke 20 ini masih terdapat beberapa rumah seperti ini
di daerah Kota.
Abad ke-20
Menurut Uka Tjandarasasmita penduduk asli Jakarta telah ada sejak 3500-3000 tahun sebelum masehi.Antropolog lainnya, Prof Dr Parsudi Suparlan menyatakan, kesadaran sebagai orang Betawi pada awal pembentukan kelompok etnis itu juga belum mengakar. Dalam pergaulan sehari-hari, mereka lebih sering menyebut diri berdasarkan lokalitas tempat tinggal mereka, seperti orang Kemayoran, orang Senen, atau orang Rawabelong.
Abad ke-20
Menurut Uka Tjandarasasmita penduduk asli Jakarta telah ada sejak 3500-3000 tahun sebelum masehi.Antropolog lainnya, Prof Dr Parsudi Suparlan menyatakan, kesadaran sebagai orang Betawi pada awal pembentukan kelompok etnis itu juga belum mengakar. Dalam pergaulan sehari-hari, mereka lebih sering menyebut diri berdasarkan lokalitas tempat tinggal mereka, seperti orang Kemayoran, orang Senen, atau orang Rawabelong.
Pengakuan
terhadap adanya orang Betawi sebagai sebuah kelompok etnis dan sebagai satuan
sosial dan politik dalam lingkup yang lebih luas (pada saat itu adalah Hindia
Belanda), yakni dengan munculnya Perkoempoelan Kaoem Betawi pada tahun 1923,
yang digagas oleh Husni Thamrin, sebagai tokoh masyarakat Betawi. Baru pada
waktu itu pula segenap orang Betawi sadar mereka merupakan sebuah golongan,
yakni golongan orang Betawi.
Ada juga yang berpendapat bahwa orang Betawi tidak hanya mencakup masyarakat
campuran dalam benteng Batavia yang dibangun oleh Belanda, tetapi juga mencakup
penduduk di luar benteng tersebut, yang disebut sebagai masyarakat proto
Betawi.
Penduduk lokal di luar benteng Batavia, kala itu sudah menggunakan bahasa Melayu, yang umum digunakan di Sumatera.
Sejak akhir abad yang lalu dan khususnya setelah kemerdekaan (1945), Jakarta dibanjiri pendatang dari seluruh Indonesia, sehingga orang Betawi, menjadi warga tuan rumah yang minoritas. Pada tahun 1961, 'suku' Betawi bejumlah kurang lebih 22,9 persen dari + 2,9 juta penduduk Jakarta pada saat itu, hal ini menunjukan orang-orang Betawi semakin terdesak ke pinggiran, bahkan tergusur ke luar Jakarta.
Penduduk lokal di luar benteng Batavia, kala itu sudah menggunakan bahasa Melayu, yang umum digunakan di Sumatera.
Sejak akhir abad yang lalu dan khususnya setelah kemerdekaan (1945), Jakarta dibanjiri pendatang dari seluruh Indonesia, sehingga orang Betawi, menjadi warga tuan rumah yang minoritas. Pada tahun 1961, 'suku' Betawi bejumlah kurang lebih 22,9 persen dari + 2,9 juta penduduk Jakarta pada saat itu, hal ini menunjukan orang-orang Betawi semakin terdesak ke pinggiran, bahkan tergusur ke luar Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar